Minggu, 25 Maret 2012

SEMINUNG LUMBOK RESORT LAMPUNG BARAT




danau ranau

KAWASAN wisata terpadu Seminung Lumbok Resort berada di Pekon Lumbok, Kecamatan Sukau, sekitar 27 Km dari Liwa, ibukota Kabupaten Lampung Barat. Resort ini menawarkan panorama alam danau, Bukit Barisan, dan Gunung Seminung. Pada ketinggian 600-900 mdpl ini kita dapat menghirup udara pegunungan nan sejuk dan segar.

Di sekeliling Seminung Lumbok Resort terdapat hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), yaitu salah satu kawasan hutan alam tropika basah seluas sekitar 350.000 Ha. UNESCO menetapkan kawasan ini sebagai situs warisan dunia.

Seminung Lumbok Resort sangat potensial sebagai penjaring wisatawan. Selain tempatnya nyaman, kamar hotel dan kualitas pelayannya sekelas dengan hotel bintang empat. Wisatawan pun menjadi betah. Bila pagi tiba, para pengunjung bisa menikmati keindahan Danau Ranau dan Gunung Seminung masih berbalut kabut. Keindahan alam itu juga bisa dinikmati dari lantai dua restoran Seminung. Lumbok Resort. Jadi, sambil sarapan dan minum kopi atau teh, pengunjung bisa santai lebih lama.

Seminung Lumbok Resort memiliki 16 kamar, terdiri delapan kamar standar (Twin Bed) dan delapan kamar superior (King). Selain terdapat dua buah cottage, hotel bersih dan asri ini dilengkapi dengan convention hall berkapasitas 400 orang gaya gedung pertunjukan (theatre style). Manajemen bisa membuat variasi kapasitas konvensi ini menjadi 200 orang (model ruang kelas), 100 orang (tata ruang gaya konferensi), 450 orang (gaya koktail) atau 250 orang (gaya pesta makan  atau banquet).

Untuk ukuran hotel mewah di kawasan wisata alam, tarif Seminung Lumbok Resort relatif terjangkau, mulai Rp300.000 Rp1,1 juta. Selama menginap, pengunjung juga bisa menikmati permainan anak-anak bianglala dan keranjang putar serta kapal motor untuk mengelilingi Danau Ranau.

Jika ingin menyantap ikan bakar nan lezat, pengunjung bisa membeli dari para pencari ikan. Ikan segar tangkapan dari danau itu jika dibakar terasa gurih dan lezat. Jika ingin membakar ikan pada malam hari, pagi atau siang hari harus sudah memesan kepada nelayan setempat.

Wisata Terpadu

Kilau Danau Ranau bagaikan cermin raksasa. Danau ini begitu sejuk sehingga memberi kedamaian dan ketenangan. Inilah Danau Ranau di Lampung Barat. Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba.

Di sini, di lahan seluas lebih kurang 15 Ha telah dibangun Kawasan Wisata Terpadu berupa hotel, cottage, convention hall, dan bermacam fasilitas lainnya. Hotel berkapasitas 16 kamar dan 2 bush cottage dengan view Danau Ranau dan Gunung Seminung, menawarkan panorama alam.

Pada akhir pekan kita bisa membawa keluarga berwisata ke Seminung Lumbok Resort atau melakukan petualangan seru dengan menggunakan fasilitas Seminung Lumbok Resort, seperti hiking, berenang, memanah ikan, paralayang, menyelam, atau banana boat.

Instansi pemerintah maupun swasta dapat melakukan rapat sekaligus refreshing di sini, karena tersedia Gedung Convention Hall berkapasitas 400 orang. Dengan suasana sejuk dan tenang khas pegunungan, tentu dapat meghasilkan keputusan-keputusan segar dan brilian. Di tempat ini dapat terselenggara resepsi pernikahan, mulai penyediaan akomodasi hingga tempat berbulan madu. Khusus untuk berbulan madu tersedia bungallow terpisah dan berada di tepi danau.

Pagi hari, saat kabut mulai tersaput dari permukaan danau, dari balik jendela kamar Hotel Seminung, kita dapat menyaksikan jukung, perahu tradisional unik khas Lampung Barat yang hilir mudik memberi makan ikan di keramba.

Sementara jukung lain lain memeriksa jala di sisi danau. Bila kita tertarik ikut berjukung, mereka dengan senang hati akan mengajari kita. Sebuah aktivitas yang jarang kita jumpai di perkotaan. Semua terasa begitu alami. Kita juga dapat menyaksikan aktivitas ini sambil menyantap sarapan di lobi hotel.

Saat mentari mulai meninggi, sebagian besar pengunjung dapat mengelilingi kompleks Seminung Lumbok Resort menggunakan sepeda atau sepeda motor. Menyaksikan hamparan sawah menghijau di tepian danau sambil menghirup udara sangat alami dan bebas polusi. Di sinilah kita dapat mengagumi ciptaan Tuhan. Kita tidak perlu khawatir putra-putri kita akan jenuh, karena di sini juga telah tersedia arena bermain anak-anak seperti komidi putar, bianglala, dan sebagainya.

Unik

Kita juga dapat menyaksikan aktivitas masyarakat Pekon Lumbok, seperti bercocok tanam, gotong royong, dan keunikan khas budaya Lampung Barat. Bahkan bagi wisatawan yang gemar jogging sambil menghirup udara bersih pegunungan, tersedia jungle track hingga ke air terjun terdekat.

Bagi wisatawan penggemar olahraga dirgantara, ada fasilitas paralayang. Titik terbang (take off) berada di ketinggian 1000 mdpl, bisa ditempuh sekitar 15 menit. Dari ketinggian itu kita dapat menyaksikan panorama bawah dengan latar ketenangan Danau Ranau. Udara sejuk terasa membersihkan paru-paru.

Jika menggemari air, wisatawan dapat berenang, menyelam di danau dan memanah ikan. Atau sewa perahu motor untuk berkeliling. Bila hobi mincing bias memancing ikan nila dan ikan mas yang terkenal tabokh (gurih). Ikan hasil tangkapan bisa diserahkan pada koki hotel untuk dimasak dengan bumbu tradisional. Kalau tidak mendapat ikan, kita bisa membeli ikan petani keramba di sepanjang tepian danau.

Bahkan bila kita bosan mandi di kamar mandi hotel, nanti akan dikembangkan tempat pemandian air panas tidak jauh dari lokasi Seminung Lumbok Resort. Mata air panas (hot spring) ini keluar secara alami dari kaki Gunung Seminung. Air panas ini juga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit karena banyak mengandung belerang.

Menjelang senja adalah kesempatan untuk memotret sunset dan panorama Gunung Seminung berwarna kuning keemasan tertimpa cahaya senja sang mentari. Keindahan senja itu oleh para penyair dalam gubahan terkenal Seminung ti kala dibi (Seminung di kala senja).

Nikmatilah kesunyian malam di kafe-kafe disana. Mintalah segelas kopi asli Lampung atau bandrek untuk menghangatkan badan. Kafe-kafe ini sederhana dengan sajian kerlip lampu nelayan menebar jala di tengah danau. Sayup-sayup terdengar alunan Sekhedam (seruling tradisional khas Lampung Barat) mengalunkan lagu sendu. Kita akan terbuai dengan suasana syahdu hingga terlelap di keheningan malam.

Dengan banyaknya obyek wisata di sekitar Kawasan Wisata Seminung Lumbok Resort tentu bisa menjadi alternatif pilihan kunjungan saat anda menginap di Seminung. Berekreasi ke Seminung Lumbok Resort tidak terlalu sulit. Bila Anda berasal dari Pulau Jawa dan menggunakan moda transportasi udara, dari Bandara Radin Inten II langsung mencarter mobil minibus travel di depan Bandara.

Anda tinggal menyebutkan tujuan ke Seminung Lumbok Resort, Lampung Barat dan tinggal bernegosiasi. Atau jika ingin naik bus, Anda langsung ke Terminal Rajabasa lalu naik bus jurusan Ranau turun di Way Tanding. Dari Pertigaan Way Tanding, naik kendaraan umum (angkot) menuju Hotel Seminung. Bila tak ingin repot, Anda dapat mengatur jadwal liburan dengan jasa travel agen seperti Arie Tour, Elendra Tour, dll.(Dari berbagai sumber)
Sumber: http://mahmudiono.multiply.com/journal/item/42/Seminung_Lumbok_Resort

Tidak ada komentar:

Posting Komentar